Tips Maksimalkan Investasi Software Restoran Anda, Part One

Bagi klien-klien Solis Resto, maupun restoran-restoran lain yang menggunakan software restoran, pembelian software merupakan investasi. Setiap orang tentunya menginginkan keuntungan maksimum dari produk investasi yang dimiliki. Tetapi tidak semua restoran mempunyai team IT support sendiri.

Untuk itu saya akan memberikan beberapa tips yang diharapkan bisa membantu Anda memaksimalkan investasi software restoran Anda.

Tips 1. Biasakan diri Anda dengan komputer

Software restoran umumnya dijalankan di atas sistem operasi komputer, seperti Windows, atau Linux. Memang ada yang dijalankan di platform mesin cash register, tetapi di sini saya akan lebih fokus ke yang berbasis komputer.

Supaya software restoran dapat dijalankan secara maksimal, setiap pengguna sebaiknya memiliki kemampuan dasar mengoperasikan komputer. Saya akan mendaftarkan beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1.1 Menyalakan dan mematikan komputer dengan benar

Bagi kebanyakan pembaca, mungkin ini merupakan hal yang sepele. Tetapi di dalam praktek, masih banyak pengguna yang tidak mengerti. Wajar saja jika ini terjadi pada pengalaman pertama menggunakan komputer. Untuk menyalakan mungkin lebih gampang, tinggal menekan tombol yang tepat di CPU (umumnya tombol dengan ukuran paling besar). Untuk mematikan komputer, pengguna disarankan untuk menjalankan proses shutdown komputer.

Shutdown di Windows XP

Shutdown di Windows XP

Jangan hanya menekan tombol power (quick shutdown), atau lebih parah lagi mencabut colokan listrik. Yang terakhir ini sering menyebabkan kerusakan di registry komputer, bahkan database corrupt.

Jangan maen cabut aja

1.2 Lancar menggunakan touchscreen, keyboard atau mouse

Input di software restoran biasanya terbatas pada layar sentuh (jika menggunakan monitor touchscreen), mouse, dan keyboard.

Dari ketiganya, layar sentuh adalah yang paling nyaman digunakan oleh pengguna, karena cukup menyentuhkan stylus atau jari ke layar monitor.

Fungsi layar sentuh yang paling utama adalah sebagai pengganti mouse. Yang ditakutkan di sini adalah excessive force, yaitu penggunaan tenaga yang berlebihan.

Seperti namanya, layar sentuh, jadi penggunaannya cukup disentuh saja. Bukan layar tekan, atau layar tusuk. Penggunaan yang tidak tepat akan memperpendek umur hardware.

Keyboard juga langsung bisa dimengerti, hanya pengguna awam biasanya kesulitan mencari posisi tombol abjad, akibatnya input menjadi lebih pelan.

Solis Resto menyediakan tombol shortcut di keyboard untuk perintah di layar, jadi ada baiknya shortcut-shortcut tersebut dipelajari sehingga pemakai keyboard yang handal bisa menjalankan operasi dengan lebih cepat.

Mouse, alat kecil ini, adalah pisau bermata dua. Bagi pengguna komputer sehari-hari, fungsi alat ini susah tergantikan. Tetapi serahkan ke orang yang pertama kali menggunakannya, akan menjadi objek yang menakutkan.

Mungkin saya sedikit melebih-lebihkan, setiap orang pasti punya pengalaman pertama dengan mouse. Di dalam prakteknya, sangat susah mengajarkan mouse kepada pengguna awam. Bagi yang belum terbiasa menggunakan mouse, tidak usah berkecil hati, lama-lama toh akan semakin terbiasa. Jadi perbanyak latihan saja.

Alat input lainnya seperti MCR (Magnetic Card Reader) dan Barcode Scanner biasanya langsung bisa digunakan tanpa ada masalah.

To Be Continued…

-ven-

Tags: , ,

Share

Leave a Reply

*