Kenali Pelanggan Restoran Anda dengan Solis Resto – Part 1

Setiap pengelola restoran pasti punya keinginan untuk mengenali pelanggannya. Karena dengan demikian, restoran dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan lebih personal kepada setiap tamu yang datang. Hal ini bisa berupa hal-hal yang kecil seperti ulang tahun, menu favorit, dan meja favorit. Sampai berupa hal-hal yang besar, seperti desain interior, jenis promosi, dan kreasi menu baru. Tetapi dalam pelaksanannya, tidak gampang untuk mendapatkan informasi ini, kadang menghabiskan waktu, tenaga, dan biaya yang besar.

Secara umum, cara yang diterapkan oleh restoran untuk mengenali pelanggan adalah dengan kartu member dan kartu survey. Tetapi untuk menerapkan cara ini juga ada beberapa kendala yang harus dicermati, antara lain harus mencetak kartu, dan tidak semua tamu bersedia menjadi anggota, atau mengisi kartu survey.

Sebagai penyedia software restoran, Solis Resto berusaha membantu restoran mengenali pelanggannya, dengan menyediakan beberapa solusi, antara lain Customer Information , Customer Tag, dan Reward Point.

Penjelasan lengkapnya adalah sebagai berikut:

Customer Information

Solis Resto menyediakan fasilitas untuk mencatat data pelanggan, seperti nama, alamat, no telepon, tanggal lahir, dan sebagainya. Jika restoran mempunyai fasilitas membership, bisa memasukkan nomor kartu. Selain itu, data pelanggan juga bisa diperoleh melalui transaksi lain, seperti delivery atau reservasi.

 

Sewaktu pelanggan check-in, Solis Resto POS langsung bisa memunculkan data pelanggan, seperti nama, tanggal lahir, menu favorit, histori transaksi, dan catatan pribadi lainnya. Dengan demikian, tamu bisa dilayani secara lebih personal.

Solis Resto POS juga menyediakan fitur-fitur tambahan untuk member, seperti:

  1. Deposit; memasukkan jumlah deposit yang dapat digunakan untuk memotong nilai transaksi, misalnya bayar DP.
  2. Piutang ; melakukan pembayaran secara piutang atau ditagih belakangan, misalnya untuk corporate account.
  3. Membership Promo/Discount; promo berdasarkan tipe member. Keterangan lengkap bisa dibaca di posting sebelumnya mengenai ‘Setup Restoran Promo’ atau klik di link ini.
  4. Member Card; mengenali pelanggan dengan menggesek kartu member.
  5. Member Fingerscan; mengenali pelanggan dengan memasukkan sidik jari pelanggan.
  6. Reservasi; melakukan pemesanan meja di tanggal dan jam tertentu.

 

Di luar itu, Solis Resto juga menyediakan laporan analisa pelanggan, untuk mengetahui hal-hal berikut:

  1. jumlah pelanggan,
  2. rata-rata jumlah pelanggan per hari (average daily guest),
  3. rata-rata penjualan per pelanggan (average guest spending),
  4. jumlah penjualan berdasarkan kategori pelanggan,
  5. Top 10 pelanggan dari segi penjualan dan jumlah transaksi,
  6. dan lain-lain.

Dengan memanfaatkan fitur-fitur Solis Resto POS di atas, restoran dengan mudah dapat mengumpulkan informasi pelanggan, data transaksi pelanggan, dan analisa pelanggan. Sekaligus dapat memberikan berbagai layanan khusus untuk pelanggan.

Di bagian 2 akan dilanjutkan penjelasan tentang fitur Customer Tag dan Reward Point yang tidak kalah penting dari Customer Information.

-ven-

 

 

Tags: , , , , , , , , ,

Share

Leave a Reply

*