Kenali Pelanggan Restoran Anda dengan Solis Resto – Part 2

Untuk membantu restoran mengenali pelanggannya, Solis Resto menyediakan dua fitur baru, yaitu Customer Information, Customer Tag dan Reward Point.

Customer Information sudah dijelaskan di posting sebelumnya, part 1. Sekarang saya akan lanjutkan dengan fitur berikutnya yang tidak kalah kegunaannya.

Customer Tag

Dengan menyatukan teknologi ‘tag’ dengan transaksi pelanggan, Solis Resto POS memperkenalkan customer tag, yang bertujuan untuk mencatat informasi pelanggan secara rapi dan terorganisir.

Gambar di atas hanya sebagai sample tag info yang bisa dimasukkan. Setiap restoran bebas menentukan sendiri kategori dan tag yang sesuai untuk kebutuhan mereka sendiri. Software restoran menyediakan 5 kategori umum, dan setiap kategori memuat 12 tag. Jadi secara total tersedia 60 tag yang bisa digunakan untuk mengenali pelanggan.

Untuk implementasi di restoran juga sangat gampang, hanya makan waktu beberapa detik. Dari setiap transaksi, pengguna POS, baik waiter, kasir, atau supervisor, tinggal tekan tombol tag (tanda bintang).

Tombol ini tersedia hampir di semua halaman transaksi, ada di halaman utama, check-in, order menu, cetak bill, pembayaran, dll. Setelah itu, tinggal pilih tag yang sesuai dengan transaksi tersebut.

Beberapa contoh analisa yang bisa diperoleh dari fitur ini antara lain:

  1. Berdasarkan jenis kelamin, bisa dibandingkan jumlah pria dan wanita yang mengunjung restoran.
  2. Berdasarkan usia, bisa dilihat jumlah pengunjung yang anak-anak, remaja, dan dewasa.
  3. Berdasarkan pekerjaan, bisa dilihat jumlah pengunjung yang pelajar, mahasiswa, karyawan, dan pengusaha.
  4. Berdasarkan jumlah tamu, bisa dibandingkan antara yang datang sendirian, bersama pasangan, bersama teman-teman, dan keluarga.
  5. Berdasarkan acara/event, bisa dilihat jumlah tamu yang merayakan acara tertentu, misalnya ulang tahun, acara kantor, arisan, gathering, anniversary, valentine, tahun baru, dan lainnya.
  6. Dan masih banyak lagi analisa lainnya, sesuai dengan informasi yang diinginkan oleh restoran.

Hasil analisa-analisa tersebut akan sangat membantu restoran untuk menentukan arah perkembangan bisnisnya. Dari segi target market, jenis promo, fasilitas yang disediakan, menu baru yang diperkenalkan, sampai ke lokasi pembukaan cabang baru.

Solis Resto sebagai penyedia software restoran tentu menyediakan berbagai laporan untuk membantu Anda mendapatkan hasil dari analisa pelanggan tersebut. Di setiap laporan, Anda dapat menentukan jenis tag yang hendak Anda lihat.

Di setiap laporan, akan keluar informasi khusus berdasarkan tag yang Anda pilih, misalnya:

  1. jumlah penjualan dari kalangan mahasiswa remaja putri,
  2. menu favorit yang suka dipesan oleh eksekutif dewasa putra,
  3. jam-jam transaksi yang paling disenangi oleh pasangan remaja,
  4. menu paket yang paling disukai oleh keluarga,
  5. promo apa yang paling disukai oleh karyawan laki-laki di saat makan siang,
  6. berapa banyak pasangan remaja dan dewasa yang datang setiap weekend.
  7. dan masih banyak lagi.

Dengan memanfaatkan fitur Customer Tag yang ada di software restoran, pihak manajemen restoran dapat dengan mudah mengenali dan melakukan analisa pelanggan, sehingga kualitas pelayanan semakin baik dan perkembangan bisnis semakin terarah.

Reward Point

Di software restoran, fitur ini  berguna untuk memberikan penghargaan/imbalan kepada pelanggan-pelanggan yang melakukan transaksi di restoran. Melalui Solis Resto POS, pelanggan bisa mengumpulkan poin setiap kali dia melakukan pembayaran. Jumlah kelipatan poin bisa ditentukan sendiri oleh restoran, misalnya setiap kelipatan Rp.10.000 mendapatkan 1 poin. Di struk pembayaran akan otomatis tercetak jumlah poin yang diperoleh pelanggan tersebut.

Poin yang diperoleh nantinya bisa ditukarkan dengan hadiah yang disediakan oleh restoran, misalnya voucher, suvenir, makan gratis, dan lain-lain.

Tujuan reward point ini adalah sebagai bentuk penghargaan kepada pelanggan setia restoran, dan menarik pelanggan baru untuk kembali berkunjung di kesempatan berikutnya.

Demikian penjelasan saya sehubungan dengan bagaimana software restoran bisa membantu restoran bisa mengenali pelanggan-pelanggannya, dan memanfaatkan informasi tersebut untuk semakin mengembangkan bisnisnya.

“He profits, most who serves best.” Arthur F. Sheldon

-ven-

Tags: , , , , ,

Share

Leave a Reply

*