Solis Resto FC, Software Restoran untuk Food Court

Semakin berkembangnya bisnis food court menumbuhkan berbagai kebutuhan baru, baik dari segi pengelola food court, maupun penyewa/tenant. Solis Resto menyediakan software restoran yang dirancang khusus untuk pemakaian di food court, yaitu Solis Resto Food Court (FC).

Sistem pembayaran yang diterapkan di Food Court sendiri ada beberapa variasi, antara lain:

  1. Tamu memesan menu kemudian bayar langsung ke tenant. Ini biasanya untuk Food Court yang sistem sewa tempat, tetapi tidak bagi hasil.
  2. Tamu bebas memesan menu di setiap tenant. Tenant kemudian memberikan bukti pesanan kepada tamu. Bukti pesanan tersebut kemudian dibawa oleh tamu untuk dibayar di kasir.
  3. Tamu duduk di Food Court, kemudian dilayani oleh pelayan Food Court. Pesanan tamu kemudian dicatat oleh pelayan tersebut, bisa di kertas atau di PDA. Pesanan tersebut kemudian diteruskan ke masing-masing tenant. Setelah selesai makan, pelayan akan mengantarkan struk tagihan kepada tamu, baru kemudian dibayar.
  4. Tamu membeli voucher di loket voucher, yang kemudian digunakan untuk membayar pesanan di tenant. Kalau ada kelebihan, voucher biasanya bisa ditukarkan kembali dengan uang tunai.
  5. Menggunakan sistem pengenal, biasanya dalam bentuk kartu. Sebelum melakukan pesanan, tamu diwajibkan mengambil kartu. Ada yang mewajibkan deposit uang ke dalam kartu, ada yang tidak perlu. Kartu tersebut diproses di tenant sewaktu membeli makanan/minuman. Untuk sistem deposit, pembayaran langsung dipotong dari deposit di kartu. Kalau tidak, tamu ke kasir untuk melakukan pembayaran dengan menunjukkan kartu.

Dari no.1 sampai no.3 sudah bisa ditangani dengan menggunakan Solis Resto POS. Referensinya bisa Anda lihat di posting sebelumnya mengenai Jogja Foodfezt, tipe Food Court no.2 yang menggunakan PDA.

Sekarang Solis Resto memperkenalkan Solis Resto FC untuk memenuhi kebutuhan Food Court yang menggunakan sistem kartu.

Berikut saya akan jelaskan sekilas mengenai cara kerja Solis Resto FC.

1. Setiap pelanggan yang datang mendapat kartu ID.

2. Pelanggan melakukan deposit/top-up kartu.

3. Sewaktu pelanggan hendak pesan makanan, kartu diberikan kepada tenant.

4. Masing-masing tenant memiliki sistem POS tersendiri untuk gesek kartu ID dan input menu.

5. Jika saldo di kartu kurang, pelanggan bisa melakukan top-up di kasir.

6. Selesai transaksi di tenant,  pelanggan mendapat struk pembayaran/nomor antrian.

7. Sewaktu hendak meninggalkan Food Court, pelanggan bisa ke kasir untuk melakukan refund.

Dengan metode ini, transaksi Food Court menjadi lebih efisien dan lebih cepat, karena tidak membutuhkan transaksi uang tunai. Solis Resto FC sendiri akan menyediakan laporan bagi pengelola untuk melihat penjualan masing-masing tenant, berikut dengan laporan bagi hasilnya.

Tujuan Solis Resto FC adalah memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk melakukan transaksi dan membantu pengelola Food Court untuk mengurus tenant-tenant.

-ven-

 

Share

Leave a Reply

*